Home » » Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Jawa Timur


Saya tahu anda sampai di halaman ini karena anda mencari informasi tentang nama-nama alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, bukan? Seperti pada artikel saya sebelumnya, saya akan menyampaikan informasi tentang Profil Provinsi Jawa Timur terlebih dahulu sebelum membahas tentang alat musik tradisional Jawa Timur. Tujuannya adalah supaya kita bisa mengenal lebih dekat tentang Provinsi yang berada paling ujung dari Pulau Jawa.
Alat Musik Tradisionak Jawa Timur
Seperti yang kita ketahui memang Provinsi Jawa Timur itu dikenal sebagai pusat kawasan Timur Indonesia. Ibu Kota Jawa Timur adalah Surabaya. Provinsi Jawa Timur sendiri diketahui memiliki 6 Provinsi. Bicara tentang alat – alat musik tradisionalnya yang turut memperkaya kesenian dan kebudayaan di tanah air, tentu tidak jauh berbeda dengan Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut ini adalah beberapa alat musik yang berasal dari Jawa Timur.

Inilah Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Di dalam artikel ini saya akan menginformasikan pada anda tengan 3 alat musik tradisional yang populer di Jawa Timur, yaitu
1. Gamelan
2. Bonang
3. Terompet Reog
Saya tahu bahwa alat musik gamelan tidak asing lagi di Tanah Jawa. Karena gamelan memang khas berasal dari tanah jawa. Meskipun demikian untuk melengkapi artikel ini, saya akan kembali menjelaskan tentang ketiga alat musik tradisional Jawa Timur tersebut.

Penjelasan Tentang Alat Musik Tradisional Timur

1. Gamelan
Alat musik tradisional yang bisa dinilai sebagai alat musik yang paling populer di tanah jawa ini adalah jenis alat musik pukul. Memiliki bagian bawah seperti bak yang terbuat dari kayu yang diatasnya disusunlah beberapa lempengan besi yang digantung dengan penyangga sehingga menghasilkan bunyi ketika dipukul. Alat musik gamelan ini memiliki tangga nada yang lengkap. Nada setiap lempengan dibuat berbeda-beda dengan cara membedakan panjangan potongan tiap-tiap lempengan besi tersebut. Alat pemukulnya biasanya juga dibuat dari kayu dengan bagian ujung dibuat lebih besar dan bundar.
2. Bonang
Bonang hampir sama dengan Gamelan, hanya saja jika gamelan terbuat dari besi yang berbentuk lempengan atau pipih, sedangkan bonang mirip dengan pot atau cerek. Biasanya Bonang juga digunakan untuk dimainkan berpadu dengan gamelan. Yang uniknya adalah setiap pot atau ceret dari Bonang ini memiliki poros yang cembung di bagian tengahnya sebagai pusat untuk dipukul. Hampir mirip dengan gong-gong kecil yang disusun secara datar di atas sebuah kotak kayu seperti Gamelan. Nah, Bonang ini juga termasuk alat musik tradisional Jawa Timur yang dikenal sangat populer dari tingkat pedesaan dan juga perkotaan di Jawa Timur.
3. Terompet Reog
Terompet reog ini dikenal berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. Seperti namanya, terompet Reog adalah sebuah alat musik tradisional Jawa Timur yang dimainkan dengan cara ditiup yang digunakan untuk mengiringi kesenian reog di Jawa Timur. Kesenian reog sendiri merupakan orkes tradisional yang biasanya dimainkan oleh 20 – 30 orang. Reog sendiri dikenal sebagai kesenian tradisional Indonesia yang masih kental di masyarakat Ponorogo khususnya karena masih sangat berbau mistik dan ilmu-ilmu kebatinan.
Di zaman modern ini, Reog biasanya dimainkan dalam rangka merayakan suatu acara seperti pesta khitanan, pesta pernikahan, dan juga pada saat merayakan hari-hari besar nasional. Dan sebenarnya kesenian reog ini merupakan wujud dari suatu keyakinan dan kepercayaan peninggalan leluhur yang dilestarikan secara turun temurun oleh masyarakat Ponorogo.
Demikianlah penjelasan dari ketiga alat musik tradisional Provinsi Jawa Timur. Di artikel selanjutnya saya akan coba ulas mengenai alat-alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi lain di Indonesia karena saya memang berencana untuk menulis artikel khusus tentang alat musik tradisional ini dari semua provinsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Rio Own Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger